Tutorial mengelola Blog Dengan WordPress

  • CD Tutorial Membuat dan Mengelola Blog Berbasis WordPress

  • Harga : Rp. 25.000
  • Stok : In Stock

Pemesanan Hubungi : 085647117218

Advertisements

framework dan CMS

Kadang banyak orang atau para newbie, tidak bisa membedakan antara framework dan cms, mereka menganggap framework itu sama dengan cms, sehingga berfikir untuk belajar framework tidak perlu belajar coding’ , anggapan seperti inilah yang kadang akan menghambat kita untuk belajar, di kampus sendiri pelajaran tentang framework tidak di ajarkan, karena saat di kampus pelajaran lebih terfokus pada php dan mysql. memang cms sendiri di bangun dengan framework contohnya drupal, joomla,wordpress , tapi framework dalam cms kadang tidak umum dan belum menggunakan konsep pemrograman seperti yang di gunakan framework php seperti , codeigniter, cake php dan lainya.karena saat kita harus belajar framework php , kita sebenarnya tidak memulai dari nol” tapi kita lebih fokus pada bagaimana belajar menggunakan framework dalam php, karena banyak hal yang harus kita pelajar dalam belajar framework php kususnya saat kita belajar konsep MVC pada framework php.dalam belajar cms kita tidak perlu belajar , html , css , database ataupun php , kita cukup belajar bagaimana menggunakan logika untuk membuat website yang baugus dengan menggunakan module-module dari cms tersebut, tapi beda saat kita mengunakan framework hal-hal seperti , html, css,database,php ataupun java script , kita harus mempelajarinya , bukan mempelajari membuatnya tapi mempelajari bagaimana menggunakanya.lebih sulit kan menggunakan framework php ,t api jangan takut karena framework php itu sifatnya open source maka dokumentasi dari framework php sangatlah lengkap, sudah banyak orang menggunakan framework php untuk penanganan program tidak hanya program berbasis cms , tapi jugal telah merambah ke program-program apikasi lainya seperti , sistem informasi.yup tunggu apa lagi, sekarang coba install framework kamu dan mulailah belajar dari sekarang , untuk menggunakan cms mungkin bisa kita pelajari dalam waktu 1 hari tapi untuk belajar framework 2 minggu ya kalau emang teman-teman bener2 serius.

salam dari

krida prasetya

Tampilan Panel WordPress Baru

Agak kaget juga sih” kok tampilan panel wordpress saya berubah menjadi aneh ya” ga tahunya emang mulai hari ini tampilan default panel wordpress berubah total, sepertinya tambah mantab aja, ga salah aku memilh wordpres sebagai aplikasi blog saya, wah mulai tulisan mendatang saya pingin menulis tentang wordpress, sepertinya sudah saatnya saya memberikan ilmu gratis kepada teman-teman yang baru belajar blog tentang wordpress, soalnya hampir setiap hari saya menerima tamu yang ingin belajar wordpress dengan saya, tunggu aja ya tutorial wordpress saya, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua.

salam dari

krida prasetya

Manfaat blog bagi mahasiswa

Mengkombinasiakan kemampuan teknis kita dan juga kemampuan tulis adalah salah satu dari manfaat mengapa kita harus ngeblog, walaupun masih banyak lagi manfaat-manfaat yang kita dapatkan di saat kita membuat blog kita,Ketika mahasiswa sudah menguasai technical skill, dia harus bisa dan mau membagikan ke orang lain dalam bentuk tulisan lewat blog serta melakukan presentasi di depan kelas. Membuat blog adalah tugas pertama dan wajib dilakukan mahasiswa komunitas e-learning universitas muhammadiyah surakarta. Di blog yang telah dibuat itulah, sang mahasiswa melngupload berbagai tugas mandiri dan menyebarkan kembali ilmu yang didapat dengan bahasa sendiri dan yang pasti dengan bahasa manusia yang mudah di pahami dan di mengerti oleh pembaca,dan sebenarnya di sinilah manfaat dari blog itu sendiri” dengan kita mau berbagi ilmu dan bisa mengshare kemampuan kita pasti akan banyak orang yang bisa menilai dari tulisan-tulisan yang kita buat,

salam dari

krida prasetya

Edit foto online di snipshot.com

kadang kalau kita bingung bagaimana mengedit header foto kita,ada cara mudah mengedit foto dengan cara online di internet,anda tidak perlu menyiapkan program aplikasi seperti photoshop untuk perkerjaan seperti ini, hasilnya pun juga bagus, tidak perlu memiliki ke-ahlihan kusus untuk bisa menjalankan program ini,asal kan anda kreatif pasti anda bisa menjalankanya,trus bagaimana menjalankan program edit foto online ini.

1.Kunjungi http://snipshot.com/
2. Di bawahnya tulisan “Open from your computer” ada kotak kosong –> klik browse –>pilih foto atau gambar di komputer yg ingin diedit. Tunggu sampai gambar tersebut tampil.
3. Di atas gambar yang akan diedit ada beberapa menu seperti “Resize”, “Crop”, “Enhance”, “Adjust”, “Rotate”, “Effects” –> pilih command yang ingin Anda lakukan. Sebagai contoh, klik Resize untuk merubah ukuran foto / gambar.
4. Klik kiri terus-terusan mouse Anda dan arahkan ke kotak kecil merah di pinggir gambar dan tarik ke atas/bawah atau ke samping untuk memperlebar atau memperpanjang image.
5. Setelah puas dengan ukuran yang diinginkan, klik kanan di gambar –>Save picture as –> kasih nama file. Selesai.
6. Untuk menyimpan secara online foto yang sudah di saving di komputer tadi, lihat caranya di sini.

salam dari

krida prasetya

meninggalkan wordpress dan blogger dengan 30 aplikasi blog yang lain.

Banyak orang menggunakan wordpress dan juga blogger(.co/.org) untuk membangun blog pribadi mereka, karena memang kedua aplikasi blog di atas sangat familier dan cukup mudah di gunakan, selain itu juga merupakan software blog yang cukup powerfull.selain itu wordpress dan blogger merupakan aplikasi yang gratis, dan juga memiliki banyak pendukung seperti menu tambahan dan juga themes yang sangat banyak dan beredar di internet.

selain itu wordpress cukup mudah dalam penginstallan dan tidak di butuhkan kemampuan yang kusus untuk bisa menginstal wordpress, itu di karenakan kemudahan yang di tawarkan oleh wordpress.dan saya sendiri cukup enjoy menggunakan wordpress.tapi menurut saya memang wordpress adalah layanan blog yang memiliki banyak komunitas dan dokumentasi yang paling lengkap.namun dengan barjalanya waktu saya pingin mencoba banyak aplikasi layanan blog yang lain, dan menurut saya itu adalah tantangan sendiri untuk kita terus belajar dan tidak mudah merasa puas, karena masih banyak yang belum kita pelajari,

saya akan memperkenalkan kepada anda aplikasi blog selain dari wordpress dan blogger sendiri yang mungkin bisa anda jadikan refrensi untuk mengembangkan skill dan kemampuan anda di bidang pemrograman,

1. Apache Roller mungkin ini adalah blog management yang di kembangkan oleh team development dari apache sendiri,rooler sendiri di kembangkan dengan bahasa java yang di dukung dengan tomcat dan juga MySQl, saya sendiri belum pernah mencoba program ini.

2. b2evolution merupakan aplikasi blog yang powerfull yang bisa anda install di komputer anda, karena memiliki kelebihan diantaranya adalah AntiSpam Deluxe, multiple blog support, tampilan blog, multiple users and authors, integrated stats, a plugin framework, localized in several languages, web standards complaint, true workflow, kemudahan untuk intalasi (MySQL database).

3. Blog.com Blog.com ada yang gratis dan juga harus mebayar web hosting $89.50/year, namun blog.com merupakan aplikasi blog yang juga sangat menarik untuk dipelajari.templet yang bagus dan menarik.dan kemudahan content yang di tawarkan pun juga bagus.

4. Blogonize ini juga aplikasi yang saya rokemendasikan buat anda Blogonize meliki tampilan yang interaktif,  a WYSIWYG editor, templates, and a text to podcast system.,

5. Frog CMS

6.silver Stripe

7.IONIZE ( Dibangun dengan framework Codeigniter dan dibuat secara modular , penggabungan fungsi2 multi bahasa yang membuat kekuatan pada website ini , yang jelas CMS ini bis di konfigurasi menjadi aplikasi toko online yang interaktif bagi mereka yang mampu mengembankan module E-commerce )

8. Pyro CMS ( Walaupun Program tampak Sederhana Tapi Aplikasi Yang Modular dan mundahnya instalasi membuat apliksi ini memang di favoritkan untuk rokemendasi yang kedua )

9.Impress CMS

Aplikasi Impress cukup mudah digunakan , cukup mudah digunakan dan sangat fleksibel , saya merekomendasikan untuk menggunakan aplikasi ini untuk perkembangan bisnis anda

10. Pixie CMS

Aplikasi pixie CMS sangatlah simpel dan mudah digunakan , cocok bagi anda yang ingin aplikasi yang menarik tapi sangat sederhana dalam proses administrasinya

install xampp di linux ubuntu dan manfaat xampp

Emm Alkhamdululillah akhirnya bisa migrasi sedikit demi sedikit ke sistem oprasi linux, walaupun dalam urusan grafis masih sayang meninggalkan windows, tapi kalau urusan pemrograman saya sudah menggunankan opensoure, seperti menggunanakn php, mysql dan tentu saja framework codeigniter.dulu ketika menggunakan windows untuk intalasi xampp cukukup mudah, karena proses intalasi cukup mudah, ketika saya belajar linux sih sebenarnya ga jauh beda , di ubuntu sendiri untuk intalasi kadang kita menggunanan cd revo nya ubuntu. tapi saya bingung ketika harus mengintal lampp kita lewat root, untuk sebagian orang awam , perkerjaan seperti ini adalah hal yang sulit, ini di bukan karena dia goblog” tapi memang karena dia belum familier saja dengan yang namanya intalasi di linux.

sebelum kita mau mengintall xampp /lampp di linux, saya ingin menjelaskan secara detail apa manfaat dari xampp sendiri, o iya kamu bisa mendownload xampp untuk linux maupun windows disini .oke akan saya jelaskan kegunaan xampp sendiri , xampp merupakan sofware yang di dalamnya sudah terdapat Apache, MySQL, PHP, dan Perl,,trus apa to fungsi dari semua program di atas he he,..oke yang jelas manfaat xampp sendiri adalah agar kamu bisa membuat web kamu sendiri tanpa harus terhubung dari internet. maksudnya bila kamu seoran yang baru belajar ngeblog, atau bloger kamu bisa berkreasi sendiri menjalankan blog kamu di komputer kamu tanpa kamu harus terhubung di internet,, kan lebih enak kamu bisa berkreasi dengan blog kamu tanpa kamu harus bayar biaya ngenetnya. trus pertanyaanya gmana menjalankan program ini atau menjalankan blog kamu seperti wordpress di komputer localhost kamu atau komputer kamu sendiri. caranya kamu harus intall xampp ini atau lampp ini.oke saya harap teman-teman semua paham ya….kalau belum paham juga tolong tanya mbah google.

o iya sebenarnya saya ingin menjelaskan bagaimana install lampp di ubuntu .. oke

buka applications di ubuntu anda

trust accessories di ubuntu anda

setelah itu kamu buka Terminal karena emang terminal ubuntu biasanya terletak di situ he he …

setelah itu di terminal anda akan ada tulisan begini ni ni ni he he he

mugos10@mugos10-desktop:~$

trus setelah itu masuklah sebagai   : login sebagai super user (root)

mugos10@mugos10-desktop:~$ sudo su
[sudo] password for mugos10:
root@mugos10-desktop:/home/mugos10#

jika berhasil berarti  anda sudah menjadi super user di (root ) komputer kesayangan anda yang baru anda install ubuntu he he, trus download tan lampp anda langsung kamu panggil biar berada di opt caranya tulis code ini.

# tar xvfz xampp-linux-1.6.tar.gz -C /opt

oke setelah itu jalankan lampp anda di linux ubuntu anda

# /opt/lampp/lampp start

Anda akan mendapati tampilan:

Starting XAMPP 1.6…
LAMPP: Starting Apache…
LAMPP: Starting MySQL…
LAMPP started.

LAMPP telah siap, server Apache dan MySQL berjalan.

trus bila kamu panggil di browser kesayangan anda mozila firefox

http//localhost/

jika tampil seperti ini berarti proses intalasi berhasil …

oke sampai di sini tutorial cara menginstall lampp di sofware opensource atau sofware halal anda he he

salam kenal dari

krida prasetya