Meraup Uang Jutaan dari Laundry Bulanan

Laundry dengan hitungan per potong sudah sangat jamak. Sistem Kiloan sudah banyak ditemui, tetapi sangat jarang yang menetapkan harga atas dasar ukuran bulanan, seperti bisnis yang dijalankan Widyawati Irada.
Tidak pernah ada satu manusia pun di muka bumi ini, yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Karena, itu, setiap manusia wajib membekali diri dengan cara apapun, untuk menghadapi hal-hal yang tidak terduga, sekalipun hal ini tidak menjamin manusia tersebut terbebas dari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti sering dikatakan, untung tidak dapat ditolak, tapi manusia tetap wajib berusaha.

Berbekal pandangan ini Widyawati Irada, mantan engineer pada sebuah perusahaan elektronik di Muka Kuning, Batam, membuka usaha laundry bersama dengan partnernya, Endrayani. “Tujuanku membuka usaha ini selain untuk menambah penghasilan, juga agar tetap terus eksis dan berkarya meski ‘Cuma’ ibu rumah tanga. Aku juga ngak mau 100% bergantung sama suami, karena kita enggak pernah tahu apa yang akan terjadi di depan sana. Jadi, kita wajib membekali diri. Disamping itu, dengan membuka usaha, muncul suatu keharusan untuk terus mengasah diri. Aku yakin banget hal ini berdampak positif pada kualitas pengasuhan anak-anakku, khususnya,” kata Adhe, begitu orang-orang menyapanya.
Di sisi lain, saat laundry ini dibangun (februari 2003), bisnis laundry masih jarang ditemui, terutama di perumahan-perumahan. Dengan demikian, pasarnyamasih sangat luas, mengingat Batam dihuni ribuan pekerja pabrik yang hamper setiap hari kerja lembur, sehingga tidak memiliki cukup wqktu untuk urusan cuci mencuci. Belum lagi cuaca Batam yang sukar diramalkan. Sedangkan pembantu rumah tangga selain susah dicari, standar gajinya juga sangat tinggi. “Padahal pekerjaan ibu rumah tangga itu tiada habis-habisnya, Jadi, dari pada direpotkan oleh masalah cucian ya laundry saja atau setidaknya mempercayakan urusan menyetrika baju-baju mereka ke laundry,” ujarnya. Di sisi lain, mencuci dan menyetrika merupakan pekerjaan yang paling gampang dan dapat disambi mengurus anal-anak.
Dengan modal awal sekitar Rp. 200 ribu yang hanya digunakan untuk membeli gantungan baju, keranjang baju, kantung plastik dan jemuran mengingat mesin cuci, setrikaan, dan tempat menjemur pakaian sudah tersedia, kedua nyonya rumah ini membuka usahanya yang diberi nama Familia Laundry. Dalam perjalanannya, ada penambahan alat-alat lain seperti steamer, tag gun dan tag pin untuk identifikasi baju masing-masing pelanggan. Selain itu, mencuci dan menyetrika yang semula dikerjakan sendiri, setahun kemudian dibantu dua karyawan. “Ketika tersadar rumah kami sudah sesak dengan baju-baju, kami membeli satu unit rumah untuk ruang produksi dan mess karyawan, serta satu unit mobil untuk operasional, beberapa mesin cuci dan alat pengering dengan pinjaman ke Bank sebesar Rp. 200 juta. Kami juga memperlebar pelayanan kami yang pada awalnya Cuma di Batu Aji ke Tiban, Nagoya, Sungai Panas dan Batam Centre.” Katanya.
Familia Laundry menyediakan pelayanan laundry bulanan dengan tariff Rp. 80.000/blan, laundry kiloan (Rp. 6ribu/ kg), dry cleaning (mulai dari Rp. 15 ribu/piece), laundry bed cover (mulai dari Rp. 15 ribu/piece), laundry karpet/permadani (Rp. 7.500/m2), laundry linen untuk spa, dan laundry seragam perusahaan. Dengan jumlah perlanggan tetap sekitar 150 baik keluarga maupun perorangan, setiap bulan dibukukan omzet sebesar Rp. 25juta. “Kami memperlakukan setiap pelanggan dengan cara khusus. Hampir semua permintaan mereka yang spesifik tapi masuk akal, kami penuhi. Yang pasti, masing-masing baju pelanggan kami cuci sendiri-sendiri. Ini yang tidak selalu dapat dijumpai di semua laundry, sekalipun kapasitas laundry besar,” ucap Adhe yang sering kebanjiran order saat menjelang lebaran, natal dan imlek.
Untuk menambah pemasukan, di samping berpromosi dengan menyebarkan brosur dan beriklan secara kontinyu, Familia Laundry menjalin kerjasama dengan pengusaha busana muslim dimana member atau non member mereka yang berbelanja dengan nominal tertentu akan mendapat diskon 10% di Familia Laundry, sedangkan pelanggan laundry ini berpeluang mendapat voucher diskon untuk menjadi member mereka.”Kami juga berencana bekerja sama dengan beberapa teman di bidang-bidang usaha lain, seperti pengusaha gorden/vitrage,” kata ibu dua anak yang bermimpi menciptakan gaya hidup mencucikan pakaian di mal, sambil cuci mata ini.”Kelar jalan-jalan mampir lagi ke laundry, cucian sudah kering, bersih, rapi dan wangi,”imbuhnya.
Waralaba?”Belum ada rencana. Kami juga belum membuka cabang. Yang ada hanya agen yang tersebar di Tiban, Sagulung, Batam Centre, dan Muka Kuning. Agen-agen ini bertugas mengumpulkan baju-baju kotor milik pelanggan, lalu baju-baju itu kami jemput, diproses, dan akhirnya dikembalikan lagi dalam kondisi bersih ke agen. Saat ini, aku lebih tertarik memotivasi ibu rumah tangga untuk mengikuti jejakku. Untuk itu, aku membuka website tentang usahaku ini serta memberi kesempatan kepada mereka, dengan membuat dan menjual CD (compact disc) yang berisi pandun praktis dari A – Z tentang cara membuka usaha laundry, memilih baju pelanggan, dan lain-lain. Dengan cara ini, aku ingin memperkenalkan laundry keluarga secara lebih luas. Harapanku, semakin banyak ibu rumah tangga yang membuka usaha laundry, selain tingkat ketergantungan terhadap suami berkurang, juga masyarakat dengan sendirinya akan semakin terdidik menggunakan jasa laundry sebagai bagian dari gaya hidup mereka,” ucapnya. Bagaimana Ibu-ibu?

About these ads

62 Responses

  1. assalamu’alaikum..
    bu. saya tertarik ingin niru jejak sukses ibu..
    boleh dong saya dikirim CD panduan yg Ibu tawarkan..
    mohon informasi selanjutnya ke email.. shobah_81@yahoo.com
    NO Hp saya 081347809003 / 0542 7058844 / 0542 7109413

    makasih atas infonya.. semaga makin sukses usahanya
    salam

  2. Assalamualaikum WW Ibu Adhe,

    Saya sangat tertarik sekali membaca artikel Ibu, dimana saya bisa mendapatkan CD nya.

    Thanks

    Fatma
    ( Hp: 08127003057 )

  3. saya tertarik untuk membeli CD ibu tolong dibalas 08123530287

  4. saya mau juga cd nya. Bgm caranya? hp 021 68244188

  5. selamat atas kesuksesan ibu dalam usaha laundry. saya tertarik untuk mendapatkan CD ibu. bagaimana caranya?!! Hp 081944254503.

  6. Saya tertarik untuk memperoleh cd tutorial
    panduan praktis ini.
    bagaimana saya bisa memperolehnya?
    terima kasih.

  7. Saya ingin mendapatkan CD mengenai bagaimana mnjalankan bisnis laundry bulanan ini. Mohon informasinya. HP: 081350357676

    Terima kasih

  8. bu saya tertarik untuk ikutan usaha seperti ibu , bisakah saya mendapatkan CD dan bagaimana menjalankan bisnis laundry .mohon informasi
    Hp 08161993290

  9. Bu,udah lama saya pengen cari tata cara usaha laundry juga bahan kimia yang dipake dan cara operasionalnya.Bagaimana mendapatkan CD nya?mohon bantuannnya bu.tks salam sukses
    Hp.081345081585

  10. Bu,saya mau donk cdnya. Bagaimana cara mendapatkannya?Terima kasih atas bantuannya.

  11. Bu, Saya tertarik memulai usaha ini. Mohon Informasi-nya. Dimana saya bisa mendapatkan CD-nya ? Mohon bantuannya – HP : 0818-656783

  12. Bu, saya tertarik juga memulai usaha ini..mohon ino untuk membeli CD dan contact person ibu utk bisa sharing..
    Henry – 08111893413

  13. Bu, Saya tertarik utk membuka usaha. kelihatannya sangat menjanjikan. please info dan contact agar saya bisa berkomunikasi. Saya sangat tertarik dgn CD panduan utk membuka usaha laundry

  14. bu, boleh sy di infokan bgmana cara mendapatkan cd nya, krn sy mo usaha cuci kiloan ini, krn di daerah perumahan sy blm ada usaha ini. trma kasih

    vivien
    0813 99971133

  15. Bu, boleh dapet CD nya juga? Kesukesan Ibu bener2 inspiring……

  16. Bu, boleh minta CD nya juga? Kesuksesan Ibu bener2 inspiring…..

  17. Bu, dimana dan bagaimana saya mendapatkan CD itu.
    Terima kasih

  18. Assalamualaikum..
    Luar biasa…..Bu…
    Boleh dong saya dapat CD-nya bgmana caranya?segera kabari ya tolong.
    Dalam bulan ini juga saya mau “nyusul” buka laundry…..
    Thks – 081328029729

  19. Ass.Wr.Wb..

    Salam Sukses Selalu..
    bu saya sangat tertarik membaca webset ibu..
    bagaimana cara saya mendapatkan CD tersebut.

    thx’s
    081933096810

  20. Ass.Wr.Wb..

    Salam Sukses Selalu..
    bu saya sangat tertarik membaca webset ibu..
    bagaimana cara saya mendapatkan CD tersebut.

    Terima Kasih
    08563535558

  21. Luar Biasa sekali Usaha ibu..
    Bu..sy skrng sedang merintis usaha ini..biar berhasil sprt ibu tolong bagaimana cara mendapatkan CDnya
    Terima Kasih
    0816640873

  22. sy tertarik CD nya

  23. Saya tertarik dengan usaha laundry bulanan, bagaimana saya bisa mendapatkan cd-nya?
    Terimakasih.
    02470565239

  24. bu… gimana saya bisa dapat cd nya?
    thanks
    081804372015

  25. Dear

    Selamat dan sukses
    Mohon bantuannya untuk mandapatkan cd tersebut karena maki juga mau mulai usaha tersebut

    trima kasih
    hub : 081 332 64 3434

  26. ibu, bagaimana mendapatkan cd yang ibu tawarkan? saya berminat untuk memajukan bisnis loundry saya. trims

  27. ibu, saya berminat untk cd nya bagaimana mendapatkannya?trims 0761-7004060

  28. bu,saya jg tertarik dengan CD nya..Bagaimana caranya y?thx.0818-0885-5551..saya mau belajar buka usaha sendiri…

  29. saya mau beli cd tersebut!!

  30. saya ingin membuka laundry bu.cara mendapatkan cd tutorialnya bagaimana bu?

  31. bagaimana caranya u dapat memiliki cd tersebut, mohon infonya. 081559805000

  32. Saya tertarik dengan CD tersebut, bagaimana sy bisa mendapatkannya? Bisa email ato ke 08165470796. Terima kasih

  33. Saya ada keinginan untuk buka usaha laundry bu. saya mau mempelajari cara memgelolanya….bagaimana saya bisa mendapatkan cd tutorialnya……..? mohon informasinya 081363421981

  34. bu,… saya tertarik akan bisnis laundry tlg dikirim bgman cr memulai usaha ini, modal awal dan operasionalnya

  35. Wah, Ibu sungguh sangat luar biasa. Saya jg punya laundry Bu. Sudah 2 tahun lebih, tapi blom bisa berkembang seperti Ibu. Kalo Ibu tidak keberatan, saya tertarik untuk mempelajari cara sukses yang sudah Ibu jalankan. Kalo memang ada CD yang di tawarkan, saya mau sekali Bu. Gimana cara dapetinnya? Hubungi saya ya Bu, di 081584072477
    Terima kasih banyak sebelumnya.

  36. Dear

    Selamat dan sukses
    Mohon bantuannya untuk mandapatkan cd tersebut karena saya juga mau mulai usaha tersebut

    trima kasih

    shobib

  37. selamat &sukses
    bu,gimana caranya untuk mendapakkan CD nya
    makasih
    salm,unang di mataram.

  38. assalamualaikum
    bu.. saya sangat kagum atas kesuksesan ibu..
    saya sangat ingin menjadi seperti ibu, kalau boleh saya dikirim CD panduannya..
    mohon informasinya ke email saya
    syafiqlutfi@gmail.com
    No. telp 081346559166 / 087811134735

    terima kasih, salam sukses

  39. bu mohon kirim informasi untuk mendapatkan cd panduan usaha loundry nya.saya dan istri sangat berminat untuk memulai bidang usaha ini.terimakasih

  40. Bu mohon kirim infonya ke( bagindo_agam@telkom.net ) untuk mendapatkan cd panduan usaha loundry nya.saya dan istri sangat berminat untuk memulai bidang usaha ini.terimaksih

  41. kami ingin sekali mempunyai usaha loundry tapi kami masih binggung memulai dan yg paling penting proses pengerjaan dari pakaian kotor sampai bersih. tolong kami dibantu masalah ini dong.

  42. Saya berminat pesan CD laundry yang ibu tawarkan. Mohon bisa contact/SMS saya ke: 081910554344. Terima kasih banyak. Sukses Selalu.

  43. saya berminat buka usaha laundry ini hanya tata cara pengerjaannya sy blom memahami, sy berminat utk pesan CD laundry yg ibu tawarkan, mohon sy dihub via email nita_oesodo@yahoo.com atau contact/sms di 083857859175 terima kasih dan saya tunggu informasinya

  44. Ibu, saya sebenarnya sudah lama ingin mencoba bisnis laundry, tapi bingung untuk memulainya, jadi sampai sekarang saya belum mulai bisnis tersebut. Saya tertarik untuk mengikuti jejak ibu, Mohon bantuannya agar saya dapat dikirimkan CD yang dimaksud. Terima kasih.

    Salam,

  45. gmn nih caranya u/ dapetin cd tsb? Kutunggu infonya di emailku yach? thx.

  46. Ibu, saya sebenarnya sudah lama ingin mencoba bisnis laundry, tapi bingung untuk memulainya, jadi sampai sekarang saya belum mulai bisnis tersebut. Saya tertarik untuk mengikuti jejak ibu, Mohon bantuannya agar saya dapat CD yang dimaksud. Terima kasih.
    sy tunggu infonya di 081936240888
    Salam,

  47. mohon informasi bagaimana cara mendapatkan CDnya bu..
    saya ingin memulai usaha ini, tapi saya bingung bagaimana cara memulainya, semoga ibu bisa menginspirasi saya tentang bagaimana memulainya. terima kasih.
    Boleh saya dihubungi di 087883583888

  48. assalamualaikum
    bu.. saya sangat kagum atas kesuksesan ibu..
    saya sangat ingin menjadi seperti ibu, kalau boleh saya dikirim CD panduannya..
    mohon informasinya ke email saya
    yusuvaholic@yahoo.com
    No. telp 085648117117

  49. Assmualaikum bu adhe,sy jg ingin berbisnis loundry seperti ibu yg sdh sukses. Tp pengetahuan sy msh ‘nol’ ttg loundry..mohon petunjuk dr ibu n tlng dikrm ‘cd loundry’. By evi di 08126308346

  50. assalamu’alaikum,
    saya tertarik untuk memiliki usaha loundry, bagaiman a cara untuk mendapatkan CD panduannya. mohon informasinya. No tlp saya 08156284962. terima kasih

  51. Usaha Ibu luar biasa. sy ingin memiliki CD usaha ibu. bagaimana carax? Hp sy. 081237423726

  52. Hub NO HP saya : 085647117218

  53. Assalamualaikum..
    bu.. saya juga memiliki minat untuk membuka usaha laundry, tapi saya masih belum tau harus memulai dari mana yg lebih efektif.
    Bagaimana caranya saya dapat memiliki CD usaha ibu..?
    no telf saya 085761588227
    sebelumnya, terima kasih..

  54. Assalamualaikum..
    bu.. saya juga memiliki minat untuk membuka usaha laundry, tapi saya masih belum tau harus memulai dari mana yg lebih efektif.
    Bagaimana caranya saya dapat memiliki CD usaha ibu..?
    no telf saya 085761588227
    sebelumnya, saya ucapkan terima kasih..
    saya tunggu info nya..

  55. Asw.Bu,sy mbc profil ibuk dimjlh pengusaha.Dan sy jd trtarik ingin bk bsnis ini..Buk,dmana sy bs mndapatkan cdnya?Mengingat sy blm tau bgaimana manajemennya.Bgaimana agar pakaian knsumen tdr trcmpur,dll..No hp sy 08197639323.Mksh atas info n perhatiannya buk..Wss

  56. Bu, saya tertarik untuk membuka usaha ini.tolong info ke alamat email saya yah, cara untuk mendapatkan CD tersebut.
    meiske_erna@yahoo.com …. 0813 1641 3484
    Tq

  57. Ass.wr.wb
    bu saya sudah punya rencana untuk membuka bisnis ini tapi binggung mulai dr mna tlong bantu infonya bu
    gmana cara mendapatkan cdnya bu

    Tks bgt
    rini (081374492016)

  58. sebelumnya saya ucapkan selamat atas kesuksesan ibu, saya sangat tertarik dengan kisah ibu, dan sangat simpati atas kepedulian ibu untuk membantu / memberikan peluang buat ibu2 rumah tangga agar bisa mendapatkan tambahan uang bulanan,saya sangat tertarik dengan usaha yg ibu jalankan, kalau ibu berkenan saya minta info/cara membeli cd nya, supaya saya bisa mempunyai penghasilan tambahan setiap bulannya.terima kasih.
    HP:081314897715

  59. sip. saya suka dg artikel ini.

  60. sudah lama sy merancang utk membuka loundry hanya terdpt beberapa kendala sepertipemberian tanda baju pelanggan krn system loundry yg akan sy buka sama dgn apa yg ibu buka yanitu per bulan utk meringankan beban keluarga

  61. saya sangat tertarik dengan usaha laundry,mohon in fo harga cd laundry.thanks )

  62. ass.
    bu saya juga pengen beli CD nya, mohon infonya untuk mendapatkan CD tersebut ke 081288178484

    R’grds
    Harry

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,737 other followers

%d bloggers like this: